Terungkap, Kejanggalan Hungaria Menang Atas Indonesia Di Piala Dunia 1938

Terungkap Kejanggalan Hungaria Menang Atas Indonesia Piala Dunia 1938 - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com  Bukan hal umum lagi sepakbola begitu populer di Indonesia, banyak hal yang diharapkan dari skuad timnas garuda salah satunya adalah untuk mendapatkan tropi piala AFF yang sampai saat ini tak kunjung datang. Namun percaya atau tidak walaupun timnas Indonesia sangat minim prestasi tapi faktanya Indonesia adalah negara pertama di Asia yang menjadi kontestan di Piala Dunia.

Pada saat itu Indonesia masih bernama Hindia-Belanda berhasil lolos ke Piala Dunia tahun 1938 di Perancis, Indonesia berhasil lolos ke babak final setelah Jepang menyerahkan diri dari kompetisi. FIFA sendiri mengakui bahwa negara yang mewakili itu adalah Indonesia.

Pada pertandingan pertama tim Indonesia bertemu dengan tim kuat Hungaria yang langsung kandas 0-6 dan pada saat itu kompetisi berbentuk fase knock out yang mengharuskan Indonesia harus menyudahi petualangannya. Namun setelah petandingan itu terdapat pernyataan dari tim Indonesia atas kekalahan telak tersebut.

Seperti dimuat dari media Belanda Java Post, para skuad Hindia-Belanda menyatakan mereka mendapatkan perlakuan yang kasar dari para pemain Hungaria dan menyebutkan tim lawan bermain curang. Selain itu juga bola yang digunakan terlalu lembut, karena para pemain Indonesia biasa bermain dengan bola yang keras saat berlatih di tanah air.

Para pemain dari Indonesia pada saat itu juga telah protes kepada wasit asal Perancis yang memimpin pertandingan (Roger Conrie) namun tidak menggubris protes tersebut dan tetap terus melanjutkan pertandingan.

Sponsored