Tingkatkan SDM dan UMKM Pemkot Metro Rutin Gelar Program Pelatihan Keterampilan 

Tingkatkan SDM dan UMKM Pemkot Metro Rutin Gelar Program Pelatihan Keterampilan 

Tingkatkan SDM dan UMKM Pemkot Metro Rutin Gelar Program Pelatihan Keterampilan 

Metro – Pemerintah Kota Metro akan kembali mengadakan pelatihan keterampilan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi warga Metro.

Pelatihan yang sudah rutin digelar setiap tahun ini, kembali digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Tahun Anggaran (TA) 2024 ini.

 

Warga Metro bisa mengikuti kegiatan ini, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dimana pada tahun ini pelatihan berfokus pada keterampilan jasa dan keterampilan kerja.

 

Budiono, selaku Kepala Disnakertrans Metro, memaparkan bahwa, dimana pelatihan kerja ini untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja.

 

“Tentunya pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, sesuai instruksi Walikota Metro dalam peningkatan SDM. Pelatihan kerja ini sendiri setiap tahunnya sangat mendapat antusias dari masyarakat baik dari lulusan pendidikan tingkat sekolah menengah bahkan yang lulusan sekolah tinggi,” kata Budi.

 

Kemudian Budiono menyebut akan ada beberapa progam pelatihan yang akan bisa diikuti, sesuai keahlian yang ingin dikuasai.

 

“Kegiatan pada Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi akan dimulai dari bulan April dimana ada kegiatan bagi Masyarakat dari sosialisasi sampai pelatihan keahlian, dimana pada tahun ini akan ada pelatihan digital marketing dan juga beberapa keahlian lainnya, dimana kita akan mengumumkan di sosial media Disnakertrans dan nanti masyarakat dapat memilih keahlian yang mau diikuti, dan informasi pendaftarannya,” kata Budiono.

 

Dirinya juga menambahkan pada OPD nya, ada Program Bursa Kerja yang bekerja sama dengan perusahaan swasta yang ada di Provinsi Lampung, dengan sasaran para pencari kerja.

 

“Tujuan bursa kerja ini tentunya untuk mengetahui adanya lowongan kerja, dengan berbagai macam perusahaan dan spesifikasi yang dibutuhkan. Tentunya juga akan langsung di ekspos di media sosial Disnakertrans Kota Metro atau melalui siaran radio dan website resmi Pemkot Metro,” katanya.

 

“untuk lowongan pekerjaan setiap beberapa bulan sekali kita ke beberapa perusahaan yang ada di Bandar Lampung, Kota Metro, dan Lampung Tengah, dimana apabila ada lowongan akan kita ekspos di media sosial dan juga radio,” pungkasnya.

 

Terkait pelatihan, Budiono kembali menjelaskan beberapa persyaratan untuk mengikuti program rutin ini. Persyaratan yang ditentukan, yaitu antara lain, usia minimal 19 tahun, membawa fotocopy ijasah, fotocopy KTP dan KK, pas foto 3×4 (2 lembar), tidak sedang menempuh pendidikan formal, dan diutamakan berdomisili Kota Metro, berkas pendaftaran dapat dikirim langsung ke kantor Disnakertrans Kota Metro. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *